Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ternya Caranya Begini, Agar Spons Tidak Jadi Sarang Bakteri

Ada ribuan kuam yang bersarang di spons yang tidak higinis - diminimalis.com

Sebuah spons yang kotor bisa dicemari kurang lebih 134.630 bakteri di dalamnya. Jenisnya antara lain e-coli dan juga salmonella. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena spons merupakan benda yang paling kondusif menjadi sarang bakteri. Meski Anda selesai mencuci piring, bila spons dibiarkan terendam begitu saja di wadah sabun, maka hal ini tidaklah baik. Membiarkan spons dalam keadaan basah, meski berada pada air sabun, sebenarnya dapat membuat sisa bakteri menjadi berkembang lebih pesat. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas tentang tips agar spons tidak jadi sarang bakteri.

cara membersihkan spons cuci piring, agar spons tidak jadi sarang bakteri, agar spons cuci piring tidak jadi sarang bakteri
Ada ribuan kuam yang bersarang di spons yang tidak higinis – diminimalis.com

Agar spons tidak jadi sarang bakteri.

Spons cuci piring yang selalu lembab membuat bakteri menjadi tumbuh subur pada spons tersebut. Sekedar membilas spons dengan air setelah mencuci piring selesai, tetap tidak cukup membuat spons
Anda bersih dari bakteri dan kuman. Karena bakteri dan kuman tersebut, pada akhirnya akan masuk ke dalam pori-pori spons yang sulit dijangkau.


Jika spons penuh dengan kuman dan bakteri, piring-piring dan berbagai peralatan makan yang kita gunakan, tentu akan tercemar oleh bakteri tersebut. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untuk itu, Agar spons tetap higinis, ada beberapa trik mencuci yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu.

Rendam dalam larutan sabun

Untuk merendam ke dalam caiaran sabun ini, akan lebih baik bila Anda menggunakan air panas. Setelah didiamkan beberapa menit, keluarkan spons dan cuci dengan air bersih lalu keringkan.

Keringkan dan Pansakan

Bila Anda selesai mencuci, alangkah baiknya spons diperas hingga kering, kemudian letakkan di tempat yang kering pula, bila perlu spons tersebut dijemur. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa memanaskan spons tersebut di dalam microwave. Panaskan dengan suhu maksimal selama satu hingga dua menit saja. Dengan begitu bakteri dan kuman akan mati, sehingga spons Anda akan jauh lebih aman digunakan untuk mencuci piring.

Gunakan cairan pemutih

Cairan pemutih ternyata juga efektif untuk menghilangkan kuman di dalam spons. Caranya Anda bisa menyampurkan 3/4 cup pemutih baju dengan 3,5 liter air. Kemudian rendam spons selama selama beberapa menit, kemudian angkat dan keringkan.

Ganti setiap 2-3 minggu sekali

cara membersihkan spons cuci piring, agar spons tidak jadi sarang bakteri, agar spons cuci piring tidak jadi sarang bakteri
Ganti spons setiap 2-3 minggu sekali – diminimalis.com

Alangkah baiknya Anda secara rutin mengganti spons cuci piring tiap tiga minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan karena spons yang sudah lama dipakai, tidak menjamin terbebas dari kuman dan bakteri meski tiap hari dicuci menggunakan sabun.

Selain mencegah berkembangnya bakteri dan kuman, spons yang berusia lebih lama dari waktu tersebut akan cenderung lebih mudah rontok, berbau, dan lengket karena bekas minyak. Dengan spons yang lebih baru, pembersihan pun bisa dilakukan dengan maksimal dan peralatan makan akan lebih aman dari bakteri dan kuman.

Demikian ulasan kami tentang tips agar spons tidak jadi sarang bakteri . Semoga dengan menerapkan cara di atas, Anda sekeluarga dapat terhindar dari bakteri pembawa penyakit yang datang dari spons cuci piring Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.