Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Agar Rumah Menjadi Sehat untuk Kebaikan Keluarga Anda

Pencahayaan buatan rumah minimalis - diminimalis.com

Jika kita berbicara mengenai rumah, tentu banyak yang menginkan agar rumah menjadi sehat, karena rumah merupakan tempat kita hidup, beristirahat dan melakukan berbagai aktivitas keseharaian. Sehingga memiliki rumah yang sehat merupakan suatu keharusan, jika tidak maka akan berimbas pada kesehatan Anda dan anggota keluarga tercinta.

Agar Rumah Menjadi Sehat, upaya Agar Rumah Menjadi Sehat, pengertian rumah sehat, Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
interior rumah bersih dan sehat- diminimalis.com

Agar Rumah Menjadi Sehat

Rumah yang sehat bukanlah rumah yang indah, besar apalagi mahal. Sebuah rumah dikatakan sehat jika rumah tersebut memenuhi kriteria rumah sehat berikut ini :


Agar Rumah Menjadi Sehat, upaya Agar Rumah Menjadi Sehat, pengertian rumah sehat, Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
rumah dengan pencahaayaan yang baik – diminimalis.com

1. Memiliki Pencahayaan yang Baik

Rumah yang sehat haruslah memenuhi pencahayaan baik di siang hari ataupun di malam hari, sehingga pastikan rumah yang Anda huni memiliki jendela agar sinar matahari dapat masuk pada siag hari, dan memiliki sumber pencahayaan lain pada malam hari seperti listrik, lilin ataupun sumber lainnya.

2. Memiliki Sirkulasi udara yang Baik

Rumah yang sehat merupakan rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga udara dapat berganti secara teratur. Hal ini akan membuah udara yang ada di dalam rumah merupakan udara segar. Selain dari itu sirkulasi udara yang baik dapat menghindarkan rumah dari lembab yang akan menundang berbagai jenis penyakit.

3. Memiliki Sumber Air Bersih

Air merupakan salah satu pendukung utama dalam kehidupan. Dengan air kita dapat melaukan berbagai aktivitas muali dari memasak hingga membersihkan diri. sehingga sumber air yang bersih dan sehat menjadi salah satu hal yang harus terpenuhi saat Anda memilih rumah.

4. Memiliki MCK yang Layak

Setiap rumah memiliki bentuk dan jumlah ruangan yang berbeda, hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jumlah lahan serta jumlah anggota keluarga yang menghuninya. Namun satu ruangan yang harus ada dan memenuhi standar kelayakan, yaitu MCK atau kamar mandi. Kerena dengan MCK yang layak maka kesehatan anggota keluarga akan terjaga.

5. Saluran Pembuangan yang Baik

Saluran pembuangan di rumah terkadang sering kali terabaikan, padahal hal ini merupakan salah satu maslaah krusial. Pastikan saluran pembuangan air di rumah Anda tidak memiliki kendala, seperti tersumbat ataupun menggenang. Karena jika hal tersebut terjadi maka akan mendatangkan masalah kesehatan.

6. Kebersihan Rumah

Meskipu rumah yang Anda tinggali sedarhana, namun jika rumah tersebut bersih dari kotoran, debu dan berbagai barang yang mengundang penyakit maka rumah tersebut merupakan rumah terbaik yang Anda miliki.

7. Lingkungan rumah

Satu kriteria rumah sehat lain yang perlu diperhatikan adalah, lingkungan di sekitar rumah juga sangat menentukan rumah Anda sehat atau tidak. Sehingga pastikan lingkungan sekitar rumah Anda bersih dan layak di tinggali.

8. Tanami tanaman obat

Meski Anda telah merancang pekarangan rumah untuk dijadikan taman minimalis dengan menanam aneka bunga yang indah. Namun sebaiknya lahan di pekarangan rumah Anda jangan hanya ditanami tanaman hias saja. Lahan tersebut tentu akan lebih bermanfaat bila Anda menanam beberapa jenis tanaman obat herbal disana. Dengan begitu Anda dapat mengandalkan taman tersebut bila sewaktu-waktu membutuhkan obat alami untuk keluarga Anda di rumah.

9. Memiliki Septic Tank yang Ideal, dengan kriteriasebagai berikut :

Digunakan hanya untuk membuang limbah kakus

Ini merupakan kriteria sederhana namun sering diabaikan. Septic tank memiliki fungsi sebagai pembuangan akhir kotoran manusia. Limbah rumah tangga seperti pembalut, tisu, maupun sampah lainnya perlu dihindari agar septic tank dapat bekerja maksimal sesuai peruntukannya.

Memiliki saluran yang lancar

Saluran septic tank harus terbebas dari mampet. Agar septic tank terhindar dari mampet, septic tank dapat dibuat dengan kemiringan kurang lebih 2%. Saluran septic tank juga sebaiknya dibuat lebih besar agar pembuangan mengalir dengan lancar.

Menggunakan biogolical system

Dulu pembuangan septic tank dibuat dengan jarak yang relatif jauh. Seiring perkembangan teknologi, septic tank dapat dibuat dalam jarak dekat. Teknologi biological membuat mikroba mampu mengurai feses lebih cepat dan maksimal. Selain itu, sistem filtrasi dan tabung disinfektan dapat mencegah lingkungan dari limbah kotoran.

Itulah beberapa kriteria rumah sehat harus di perhatikan saat memilih rumah. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ragam tanaman kesehatan yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Ragam tanaman kesehatan yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.