Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Agar Rak Sepatu Tidak Bau dan Tetap Nyaman Dipakai

rak sepatu perlu ditata dengan rapi agar tidak bau - diminimalis.com

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengupayakan agar rak sepatu tidak bau. Hal ini penting, karena sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang sering digunkan dalam aktivitas sehari-hari. selain dari itu sepetu juga dapat berfungsi sebagai salah satu alat fashion sehingga tidak jarang seseorang memiliki koleksi sepetu lebih dari satu. Untuk menjaga koleksi sepatu Anda pastinya Anda akan menympannya di dalam rak sepatu, agar sepatu Anda awet dan terlindungi.

Agar rak sepatu tidak bau, tips Agar rak sepatu tidak bau, rak sepatu unik
rak sepatu perlu ditata dengan rapi agar tidak bau – diminimalis.com

Agar rak sepatu tidak bau

Namun terkadang rak sepetu tersebut dalam beberapa waktu akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Untuk mengatasi agar rak sepatu tidak bau, lakukanlah beberapa tips berikut ini.

Agar rak sepatu tidak bau, tips Agar rak sepatu tidak bau, rak sepatu unik, Tips Menata Rak Sepatu, cara Menata Rak Sepatu, cara menyimpan sepatu agar tidak rusak
sepatu yang selalu dicuci bersih, dapat menghindarkan dari jamur dan bau- diminimalis.com

1. Cuci Sepatu Secara Berkala

Rak sepatu berbau tak sedap, kadang kala disebabkan oleh bau dari sepatu itu sendiri. Sehingga mencuci sepetu secara berkala dan kontinu menjadi salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau rak sepatu tersebut. cucilah sepatu Anda minimal seminggu sekali jika masih digunakan secara rutin, atau cucilah sepatu Anda sebelum disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain dari itu pastikan sepatu Anda kering sempurna sebeum disimpan di rak, hal ini akan menghindarkan sepetu dan rak sepatu Anda dari lembab.

2. Pasang Koran

Salah satu cara mudah yang dapat Anda alkukan untu mengusir bau tak sedap dalam rak sepetu adalah kora bekas. Hal ini dkarenakan koran dapat menyerap air atau kotoran yang ada di alas sepatu Anda. Sehingga pasanglah koran untuk laas sepatu Anda di rak.

3. Gunakan Baking Soda, Tepung Maizena, dan Esensial Oil.

Cara lain yang dapat digunakan agar rak sepatu tidak bau adalah dengan menggunakan tiga jenis bahan yaitu tepung maizena, baking soda, dan esensial oil. Ketiga bahan tersebut dapat Anda taburkan di dalam rak sepetu Anda. kombinasi ketiga bahan tersebut akan menghalau bau tak sedap dari rak sepetu, hal ini dikarenakan ketiga bahan tersebut merupakan antibakteri yang dapat menyembabkan bau.

4. Gunakan kapur barus

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap dalam rak sepetu adalah dengan menggunakan kapur barus. Taburkanlah beberapa butir kapur barus di lemari Anda maka bau tak sedap akan segera lenyap.

5. Gunakan Gel silika

Gel silika merupakan produk sintetis yang digunakan untuk mengikat kelembaban udara. Jika Anda terpaksa menyimpan sepatu di dalam plastik ataupun di wadah yang tertutup maka Anda tidak boleh lupa menaruh di dalamnya gel silika. Sehingga sepatu Anda tidak akan berjamur meskipun disimpan dalam waktu lama.

6. Pastikan kebersihannya

Tips menyimpan sepatu terakhir yang harus Anda perhatikan adalah kepastian bersihnya sepatu saat disimpan. Kotoran menempel yang lupa tidak Anda bersihkan meski tidak merusak sepatu namun akan menjadikan sepatu terlihat kusam dan tidak menarik lagi. Parahnya jika Anda menyimpan sepatu yang kotor tersebut dalam waktu lama kotoran tersebut bisa menjadi pemicu cepat rusaknya sepatu Anda.

7. Menaburi sepatu dengan bubuk penyerap bau.

Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang mampu menyerap bau. Taburkan sedikit bubuk soda kue atau bedak putih di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Singkirkan serbuk ini sebelum sepatu dikenakan.

8. Menambahkan pewangi.

Bahan-bahan beraroma sedap bisa Anda pakai untuk menggantikan bau di dalam sepatu. Letakkan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Atau, teteskan sedikit minyak esensial di sol dalam sepatu dan biarkan hingga kering.

9. Mengganti sol dalam sepatu.

Di pasaran tersedia sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan antijamur. Jika produk semacam ini sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Apa pun yang Anda pilih, ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar rak sepatu tidak bau dan sepatu yang tersimpan di dalamnya menjadi awet. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara menyimpan sepatu tempat-tempat yang tidak biasa di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Menyimpan sepatu ternyata bisa di 10 tempat tak terduga ini lho

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.