Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Simpel Namun Terbukti Efektif Agar Nyaman Tinggal di Rusun

Diperlukan penyesuaian yang tepat, agar penghuni rusun nyaman tinggal di dalamnya - Diminimalis.com

Rumah susun merupakan salah satu alternatif tempat tinggal yang dapat Anda pilih baik untuk tinggal permanen atau sewa. Rumah susun memiliki desain layaknya apartemen yang dibanderol dengan harga terjangkau. Tinggal di rusun tentunya bukan satu-satunya pilihan, namun, kadang menjadi pilihan terakhir bagi sebagian orang. Untuk itu, Anda perlu memahami cara agar nyaman tinggal di rusun.

Memang ada banyak hal yang membuat penghuninya sulit menata ruangan. Namun masalah ini bukannya tidak dapat diatasi, kita tetap dapat tinggal dengan nyaman di rusun jika Anda pandai mengatasi tata ruang di dalamnya.

Agar Nyaman Tinggal di Rusun, tips Tinggal di Rusun, cerita tinggal di rumah susun, keuntungan dan kerugian tinggal di rumah susun, desain interior rumah susun
Diperlukan penyesuaian yang tepat, agar penghuni rusun nyaman tinggal di dalamnya – Diminimalis.com

Menata ruang agar nyaman tinggal di rusun

Rusunawa atau rumah susun sewa menjadi salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah terhadap padatnya penduduk, dan semakin sulitnya mencari lahan yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal.

Rusunawa ini sudah dibangun di beberapa kota terutama kota besar yang memiliki harga tanah sangat tinggi. Bagi pasangan muda atau keluarga yang belum mampu membeli rumah sendiri, dapat memanfaatkan layanan rusunawa ini.

Agar Anda tetap kerasan tinggal di rumah susun, perlu adanya strategi tepat dalam menata ruangan. Adapun hal yang dapat dilakukan untuk menata ruangan agar terkesan lega diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Gunakan kabinet serba guna sebagai sekat ruangan

funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
partisi yang bisa menjadi sekat untuk membagi ruangan menjadi 2 bagian – diminimalis.com

Agar nyaman tinggal di rusun, tentunya Anda harus bisa menata ruang agar lebih efisien. Kekurangan dari rumah susun sewa biasanya adalah tidak memiliki banyak ruangan. Jika Anda ingin membagi ruangan menjadi dua bagian, Anda bisa gunakan partisi sebagai penyekat ruangan Anda.

Pilih lemari yang memiliki banyak rak dan tidak terlalu lebar sehingga mudah dalam menata ulang dan memindahkannya. Rak yang banyak dapat digunakan untuk menyimpan buku, menyimpan sepatu, atau menyimpan banyak barang lainnya, sehingga menghemat tempat penyimpanan.

Menggunakan kabinet sebagai penyekat akan membuat ruangan terkesan terbagi menjadi dua tanpa harus membangun dinding pembatas. Lemari atau kabinet juga dapat berfungsi ganda selain sebagai penyekat juga sebagai tempat penyimpanan barang.

2. Manfaatkan ruangan kosong sebagai ruang multifungsi

tips Tinggal di Rusun, cerita tinggal di rumah susun, keuntungan dan kerugian tinggal di rumah susun, desain interior rumah susun
Interior multifungsi pada unit rusun – Diminimalis.com

Tidak banyak ruangan yang ada pada rumah susun yang ditinggali. Oleh sebabnya, memanfaatkan ruangan dengan baik menjadi kunci utama. Gunakan ruangan kosong yang ada sebagai ruang serbaguna. Jadikan ruangan tersebut ruang santai dan ruang tamu sekaligus.

Beri kursi yang nyaman misalnya saja sofa yang dapat digunakan sebagai kursi santai dan kursi tamu. Anda bisa memberikan sentuhan lain seperti meja kecil, televisi, dan beberapa ornamen menunjang lainnya.

3. Perabot minimalis

Perabot minimalis adalah perabot yang memiliki desain sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen. Perlu Anda garis bawahi bahwa desain minimalis bukanlah desain untuk rumah yang sempit. Desain minimalis merupakan sebuah konsep desain yang mengangkat sisi sederhana namun memiliki kesan modern dan elegan.

Desain minimalis memang dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis ruangan. Bahkan ruangan yang luas sekalipun. Desain ini banyak diadaptasi sebagai desain ruangan sempit karena desain minimalis tidak memakan banyak ruang dan tidak memberikan kesan berat pada ruangan.

Desain minimalis biasanya mengambil bentuk dasar seperti persegi, lingkaran, atau persegi panjang. Hal ini membuat perabotan dapat dengan mudah ditata di berbagai jenis ruangan termasuk ruangan sempit.

Jika Anda memilih perabot minimalis, pastikan memilih perabot yang sesuai dengan besar ruangan. Pilih ukuran yang kecil untuk ruangan yang sempit agar ruangan tidak terkesan berat. Pilih rak yang dibor langsung di dinding dibandingkan rak yang berbentuk lemari untuk menghemat ruang.

Pilih kursi dan meja dengan jumlah yang sesuai dengan anggota keluarga. Jika Anda ingin ruangan yang terkesan santai, Anda bisa menambahkan rug dengan demikian, Anda bisa duduk di lantai dengan hangat dan nyaman.

4. Sofabed

Sofabed dapat menjadi solusi membentuk ruangan multifungsi yang nyaman tetapi tetap sopan saat ada tamu datang. Sofabed adalah sofa yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur kecil dengan menarik lipatannya.

Sofabed bisa difungsikan sebagai sofa untuk menjamu tamu yang datang. Saat Anda ingin bersantai menonton televisi, Anda bisa menarik lipatan sehingga sofa dapat berubah menjadi tempat tidur kecil yang nyaman.

5. Susun ruangan agar memiliki koridor

Jika Anda ingin memberikan kesan yang luas pada rumah susun Anda, Anda bisa menata ruangan sedemikian rupa sehingga Anda memiliki koridor. Misalnya, dengan menata ruangan pada sisi yang sama sehingga akan ada ruang menyerupai koridor saat ingin berpindah dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya.

Hal ini dapat memberikan kesan rumah susun Anda luas dan memiliki ruangan yang lega. Koridor digunakan sebagai akses untuk berpindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya.

Nah, itu tadi 5 hal yang dapat Anda gunakan untuk menyiasati ruangan yang sempit pada rumah susun sewa. Di mana pun Anda tinggal, Anda dapat membuat tempat Anda nyaman untuk ditinggali dengan memberikan perhatian pada tata ruang dan perabot yang digunakan. Anda dapat membuat rumah terasa nyaman hanya dengan sedikit sentuhan.

Rusun tetap dapat menjadi rumah tinggal yang nyaman ditinggali jika kita pintar dalam menyiasatinya. Bagi Anda yang ingin mencoba tinggal di rumah susun, Anda bisa memanfaatkan cara di atas agar dapat memanfaatkan ruangan sempit dengan baik.

Demikianlah ulasan kami tentang tips agar nyaman tinggal di rusun. Tingal di rusun mungkin membuat Anda sulit bereksperimen dengan ruangan, namun, buka berarti tidak bisa dilakukan. Memilih konsep yang tepat akan membuat ruangan di rumah susun tampak luas dan nyaman untuk ditinggali. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.