Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Efektif Agar Nyaman Memasak di Dapur Tanpa Ribet

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar Anda nyaman memasak di dapur - diminimalis.com

Kualiatas makanan ditentukan dari bahan dan proses penyajiannya. Apabila bahan-bahan yang akan Anda masak memang sudah berkualitas, maka jangan sampai hasilnya tidak maksimal gara-gara mood Anda saat memasak tidak bagus. Maka, mengupayakan diri agar nyaman memasak di dapur merupakan perkara yang penting. Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tips agar nyaman memasak di dapur minimalis Anda.

 agar nyaman memasak, tips agar nyaman saat memasak, tips memasak sehat, Mengajari anak memasak, cara mengajarkan anak memasak, cara mengajari anak memasak, kesalahan menggoreng makanan, kesalahan menggoreng masakan, kesalahaan saat memasak
Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar Anda nyaman memasak di dapur – diminimalis.com

Kiat-Kiat Agar Nyaman Memasak di Dapur

Pengaturan ruangan yang kurang sesuai bisa mengakibatkan penghuni rumah tidak leluasa beraktivitas. Dapur menjadi salah satu bagian rumah yang sangat penting karena berfungsi sebagai penunjang kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu selain peralatan yang bersih, penting pula dilakukan penataan untuk membangun suasana nyaman di dapur rumah minimalis Anda.

Bagi Anda yang mempunyai hobi memasak di rumah, silahkan mengikuti kiat-kiat agar nyaman dan aman memasak di dapur sebagai berikut.

Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat , Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
gunakan peralatan dapur yang baik untuk memasak- diminimalis.com

1. Isi ruangan dapur dengan perabotan minimalis.

Khusus bagi Anda yang baru menempati rumah dan belum membeli perabotan, sebaiknya beli perabotan yang minimalis.

2. Gunakan lemari kabinet untuk menyimpan peralatan memasak Anda.

Jika perlengkapan memasak Anda sangat banyak Anda dapat menyiasati dengan menggunakan lemari kabinet tertutup tanpa sekat. Tanpa adanya sekat membuat kabinet tampak luas dan Anda bisa meletakkan perlengkapan memasak atau peralatan makan di dalamnya

3. Sisihkan perabotan dapur yang tidak diperlukan.

Kerap kali kita selalu memajang barang yang kita sukai namun tidak kita butuhkan di dapur. Misalnya kita meletakkan poci di area dapur yang sebenarnya barang tersebut cukup memakan ruang, dan hanya digunakan pada saat tertentu saja. Coba pindahkan barang tersebut dan simpan di gudang atau tempat lain, sehingga bisa kita ambil ketika sewaktu-waktu membutuhkannya.

4. Buat gantungan untuk peralatan masak.

Jika masih terdapat ruang kosong pada dinding dapur Anda, sebaiknya manfaatkan untuk membuat cantelan atau gantungan. Gantungan tersebut bisa dipakai untuk meletakkan peralatan masak yang sering kita gunakan dan bisa dicantelkan, seperti sutil, penyaring, serok dan lain-lain.

5. Cuci peralatan memasak seusai menggunakannya.

Seusai memasak jangan lupa untuk segera cuci dengan sabun peralatan yang telah digunakan, agar kerak tidak menempel terlalu lama yang membuat alat susah untuk dibersihkan. Selain itu jika seketika membutuhkan alat tersebut, Anda dapat langsung menggunakannya tanpa menunggu dicuci terlebih dahulu.

6. Jagalah kebersihan dapur.

Sempatkan waktu Anda secara rutin 1 atau 2 minggu sekali untuk membersihkan perabotan dapur dengan cara yang tepat. Bersihkan kompor dari noda serta kerak yang menempel menggunakan lap. Anda juga harus menyikat bak cuci piring agar kotoran bekas makanan hilang. Selain itu bersihkan pula lemari kabinet, rak piring, meja serta perabotan lain dari debu yang menempel. Kumpulkan sampah dapur dalam kantong plastik lalu langsung buang ke tempat sampah agar tidak meninggalkan bau tak sedap.

7. Menggabungkan dapur dengan ruang makan.

Ruang makan minimalis
dapur dan ruang makan yang tergabung menjadi satu – Diminimalis.com

Untuk mengoptimalkan bagian ruangan di rumah minimalis Anda, gabung dapur dengan ruang makan agar terlihat lebih luas. Hal ini juga bisa memudahkan Anda untuk menyajikan makanan seusai memasak.

8. Beri ventilasi pada dapur minimalis.

Biasanya dapur terletak dibagian belakang, sehingga jika memungkinkan beri ventilasi sebagai tempat keluar masuk udara. Asap yang dihasilkan dari memasak dapat menyebabkan ruangan pengap, oleh karena itu butuh sirkulasi udara yang baik agar dapur terasa nyaman.

9. Cat ulang dinding dapur jika menggunakan warna yang selaras dengan perabotan dapur.

Jika rumah minimalis idaman Anda sudah ditempati beberapa tahun, warna dinding khususnya pada bagian dapur akan mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena noda dari asap dan minyak yang menempel ke dinding ketika kita memasak. Lakukan pengecatan ulang pada dinding dapur menggunakan warna yang selaras dengan perabotan yang digunakan. Pemberian warna cerah pada dapur untuk memberi kesan tampak luas.

Selain menciptakan suasana nyaman, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dapur Anda agar tidak ada serangga yang datang. Dapur yang bersih akan menghasilkan makanan yang baik dan sehat. Jangan lupa beri pencahayaan yang baik pada dapur untuk memudahkan memasak. Bagian terpenting adalah mengatur desain atau tata letak dapur untuk memudahkan Anda beraktivitas.

Dengan mengikuti tips diatas, dapur Anda tidak akan hanya terasa nyaman namun juga indah dipandang. Semoga kiat-kiat yang disampaikan di artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda agar nyaman memasak di dapur.(ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.