Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Agar Kaktus Rajin Berbunga di Iklim Tropis Ternyata Caranya Semudah ini

Diperlukan beberapa upaya untuk membuat kaktus rajin berbunga - Diminimalis.com

Agar kaktus rajin berbunga, Anda perlu memahami metode merangsang pembungannya dengan baik dan benar. Salah salam merawatnya, bisa membuat kaktus menjadi busuk, bahkan mati. Kaktus sendiri menjadi salah satu primadona tanaman hias belakangan ini. Selain karena perawatan yang mudah dan murah, bunganya juga nampak indah indah ketika bermekaran.

Sebenarnya  di negara asalnya, kaktus mudah sekali berbunga. Hal ini karena adanya suhu ekstrim di negara sub-tropis yang mengalami 4 musim. Saat musim dingin, kaktus berdormansi atau menghentikan proses pertumbuhannya. Dan pada musim semi, kaktus akan berbunga secara serempak.


Akan tetapi tidak mudah membuat kaktus rajin berbunga pada iklim tropis sebagaimana di wilayah Indonesia ini. Namun dengan cara perangsangan pembungaan, Anda dapat mengkondisikan lingkungan di sekitar kaktus menjadi mirip habitat aslinya. Dengan begitu kaktus akan lebih mudah berbunga, setelah Anda menerapkan langkah-langkah perangsangan tersebut.

agar kaktus rajin berbunga, bagaimana cara agar kaktus cepat berbunga kaktus yg berbunga
Diperlukan beberapa upaya untuk membuat kaktus rajin berbunga – Diminimalis.com

Agar kaktus rajin berbunga

Di bawah ini ada beberapa langkah perangsangan agar kaktus hias Anda rajin berbunga, diantara langkah-langkahnya yaitu.

Membuat lingkungan yang sesuai dengan iklim gurun

agar kaktus rajin berbunga, bagaimana cara agar kaktus cepat berbunga kaktus yg berbunga
Iklim yang sesuai dengan gurun, akan embuat kaktus mudah berbunga – Diminimalis.com

Jika kaktus yang Anda miliki adalah jenis yang berbunga tetapi tidak pernah muncul bunganya,  berarti Anda harus memberikan tindakan khusus pada kaktus Anda. Karena habitat asli kaktus berasal dari gurun, maka Anda perlu mengkondisikan supaya lingkungan kaktus yang Anda tanam, mirip dengan suasana di gurun.

Kaktus terbiasa dengan fluktuasi suhu yang ekstrim. Suhu ruangan yang diinginkan oleh kaktus agar rajin berbunga, yaitu suhu malam hari sekitar 15 derajat celcius, sedangkan suhu siang hari 40 derajat celcius. Maka pada malam hari, tempatkan kaktus di suhu udara yang dingin, misalnya kamar mandi. Kemdian pada siang hari, letakkan kaktus di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Idealnya setiap  jenis kaktus memerlukan terpaan cahaya matahari yang cukup. Anda bisa melakukan penjemuran minimal 5 jam per hari, dan dilakukan setiap hari. Dengan begitu, kaktus akan mendapatkan beda suhu antara siang dan malam. Suhu 33 C – 35 C pada siang hari, dan 22 C pada malam hari, sangat cocok untuk merangsang agar kaktus rajin berbunga.

Kaktus yang bisa berbunga biasanya yang usianya sudah 2-3 tahun dan dia harus tumbuh pada suhu yang ideal tersebut. Bunga kaktus akan bermunculan jika pada jaringan tanaman mengandung cadangan karbohidrat yang tinggi.

Lakukan stress air

Kaktus adalah pohon berduri yang bisa hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu asupan air, bahkan kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti di gurun. Untuk merangsang kaktus agar rajin berbunga, salah satu tekniknya adalah dengan cara menerapkan stres air. Teknik stres air dilakukan dengan cara mengurangi jumlah pasokan air yang masuk.

Jumlah pasokan air yang diberikan pada tanaman kaktus perlu dikurangi dari biasanya. Pengurangannya pun termasuk pengurangan yang cukup drastis karena tanaman tidak akan menerima pasokan air selama beberapa waktu. Jika ia biasa disiram seminggu 2 kali, maka cukup lakukan sekali. Letaknya pun sebaiknya diposisikan ke lokasi yang terkena terpaan sinar matahari langsung. Dengan begitu, kaktus biasanya akan menumbuhkan bunga sebulan atau beberapa bulan kemudian.

Metode memecah dormansi

Cara lain untuk membuat kaktus cepat berbunga adalah dengan memecah dormansi atau sistem beda suhu dan kelembapan. Untuk melakukan ini, kaktus harus dalam keadaan sehat dan tumbuh secara pasif yang ditandai dengan mulai berkurangnya duri baru.

Cara memecah dormansi yaitu, Anda perlu mencabut kaktus dari media tanamnya dan bersihkan tanah-tanah yang nempel di akarnya. Kemudian, potong akar itu dan sisakan 1-2 cm saja. Apabila ada akar yang kena sayatan dan berpotensi menimbulkan pembusukan, maka Anda  bisa oleskan kaktus dengan dithane, vandozeb dan fungisida benlate. Lalu simpan pada tempat yang teduh selama 3-4 hari.

Jika sudah, balut kaktus dengan kain hitam atau koran. Lalu masukan kaktus ke dalam kardus yang tertutup rapat agar tidak kemasukan cahaya. Lalu simpan kaktus di kulkas pada suhu sekitar 10-18 derajat celcius selama semalaman. Kemudian pagi harinya keluarkan kaktus tersebut dan tanam pada tempat baru.

Untuk hasil yang maksimal, siram kaktus Anda secara rutin seminggu sekali. Perlu diingat,  jangan menanamnya di siang hari, karena hal ini dapat membuat kaktus mengalami perubahan suhu drastis akibat media tanamnya tidak dingin. Anda dapat menuinggu hasilnya dalam 2-3 minggu kemudian. Bila belum ada kuncup bunga yang bermunculan, Anda perlu mengulangi kembali langkah dormansi dari awal.

Diberikan pupuk perangsang atau zat pengatur tumbuh

Pengaturan pemupukan perlu dilakukan dengan cermat. Zat pengatur tumbuh yang dapat digunakan adalah jenis Gibberellin (GA3), sedangkan pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung fosfor tinggi, seperti Vitabloom, Pokon, dan Hyponex. Semprotkan cairan pupuk sesuai dengan dosis yang tertera menggunakan handsprayer. Hyponex, vitabloom atau gandasil merah dapat dipakai dengan dosis sesuai petunjuk di label kemasan.

Pemupukan sebaiknya dilakukan rutin 2 minggu sekali dengan kandungan fospor dan kalium tinggi. Pastikan setiap pemupukan diikuti penyiraman. Sebulan kemudian biasanya kuntum-kuntum bunga mulai bermunculan. Setelah kaktus berbunga, kaktus memasuki fase istirahat. Pada fase ini, pemupukan yang tepat mengandung unsur nitrogen yang tinggi.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat agar kaktus rajin berbunga. Semoga dengan menerapkan cara di atas, kaktus yang Anda miliki bisa tumbuh dengan subur dan berbunga dengan indah.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.