6 Hal yang Harus Dihindari Saat Berenang

yang harus dihindari saat berenang ketika sendiri - diminimalis.com

Olahraga air memang menjadi salah satu olahraga favorit kebanyakan orang. Olahraga air seperti berenang banyak disukai karena cukup menyenangkan. Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang tidak mudah membosankan. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari saat berenang untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Sudah banyak kasus yang terjadi di sebuah kolam renang. Kecelakaan di arena berenang pun tidak main-main. Beberapa kecelakaan bahkan menimbulkan korban jiwa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara berenang yang baik dan juga apa saja yang harus dihindari ketika berenang. Berikut adalah beberapa informasinya untuk Anda.

yang harus dihindari saat berenang ketika sendiri - diminimalis.com
yang harus dihindari saat berenang ketika sendiri – diminimalis.com

Yang harus dihindari saat berenang  demi keselamatan ketika berenang

Walaupun termasuk jenis olahraga, berenang sering kali hanya dijadikan untuk bersenang-senang. Hal tersebut membuat beberapa orang tidak terlalu memperhatikan peraturan berenang yang baik, bahkan tidak memperhatikan hal-hal yang harus dihindari seperti berikut.

1. Berenang sendiri tanpa pengawasan
Mungkin pengawasan saat berenang dianggap sepele untuk beberapa orang. Padahal pengawasan menjadi bagian penting untuk menghindari kecelakaan. Bukan saja untuk yang belum bisa berenang. Bagi Anda yang sudah mahir pun sebaiknya memiliki pengawas atau setidaknya orang lain yang bisa melihat Anda sedang berenang.

Selain pengawasan, sebaiknya Anda juga sedikit mengerti tentang teknik dasar berenang. Jika Anda bisa jelaskan posisi tubuh dalam renang gaya dada atau gaya lainnya, berarti Anda sudah memiliki persiapan yang bagus sebelum berenang. Namun tetap harus berhati-hati dan utamakan keselamatan selama berenang.

2. Berenang tanpa pemanasan
Satu hal yang sering dilupakan dan mungkin disepelekan orang adalah pemanasan. Padahal pemanasan sangat penting sebelum melakukan olahraga, termasuk berenang. Sebutkan 4 {empat} hal yang dianjurkan sebelum berenang, dan salah satu yang paling dianjurkan adalah pemanasan.

Anda hanya perlu melakukan pemanasan kurang lebih 15 menit. Pemanasan ini dapat membantu mencegah kram atau pun kejang saat berenang nanti. Sudah sering orang berenang mengalami kejadian seperti itu karena tidak mau melakukan pemanasan.

Selain pemanasan, Anda juga perlu memperhatikan cuaca sebelum berenang. Saat hujan sebaiknya hindari berenang, terlebih lagi jika terjadi petir. Kondisi tersebut tidak aman untuk Anda berenang, apalagi jika kolam renang tidak dirancang dengan penangkal petir. Desain kolam renang yang baik dan aman salah satunya adalah yang memiliki penangkal petir di sekitarnya sehingga bisa mencegah kecelakaan karena hal tersebut.

3. Berenang tanpa melihat kedalaman kolam

memperhatikan kedalaman kolam saat berenang - diminimalis.com
memperhatikan kedalaman kolam saat berenang – diminimalis.com

Hal penting yang juga sering diabaikan adalah mengenai kedalaman kolam renang. Memperhatikan kedalaman kolam penting dilakukan, terutama untuk Anda yang berenang di kolam umum. Banyak arena bermain air yang menyediakan kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi.

Salah satu hal yang harus dihindari saat berenang adalah mendekati area kolam yang lebih dalam. Beberapa tempat berenang umum ada yang membuat satu kolam namun dengan kedalaman yang berbeda-beda. Mungkin tidak apa jika ada pembatas di setiap kedalaman kolam. Namun ada juga yang kolam yang hanya menunjukkan kedalaman tetapi tidak memiliki batas yang jelas, mana kolam yang dangkal dan mana yang lebih dalam.

4. Berenang setelah makan besar
Berenang setelah makan tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan kecelakaan. Setidaknya untuk Anda yang habis makan besar, beri jeda sekitar 1 jam sebelum berenang. Sama pentingnya dengan pengetahuan Anda untuk bisa sebutkan tahapan-tahapan renang gaya dada, tahapan-tahapan sebelum berenang pun perlu diperhatikan.

Jika Anda akan pergi berenang, sebaiknya tahan untuk makan besar. Anda masih diperbolehkan, jika hanya makan camilan atau snack satu jam sebelum berenang. Namun tidak, apabila Anda makan nasi atau makan besar.
Istirahatlah setelah makan 1 jam atau lebih, dan barulah Anda baru bisa berenang. Perut yang baru terisi makanan akan meningkat suhunya karena sistem pencernaan yang sedang bekerja. Jadi berbahaya untuk masuk ke kolam yang dingin dengan suhu tubuh yang sedang meningkat.

5. Bermain-main di pinggir kolam
Untuk anak-anak yang suka berlari-lari, sebaiknya diingatkan untuk tidak melakukannya di tepi kolam renang. Sangat berbahaya untuk berlari-lari di pinggir kolam yang licin. Sebutkan lima macam hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kolam renang dan salah satunya adalah berlarian di tepi kolam. Hal yang tidak boleh dilakukan lainnya adalah bermain dorong-dorongan di tepi kolam.

Anda juga tidak diperkenankan untuk bermain ekstrem saat di kolam renang. Seperti bergendongan di kolam dengan jumlah yang banyak. Permainan seperti ini sering dilakukan saat berenang. Namun bisa membahayakan teman Anda yang berada paling bawah. Kegiatan yang tidak disarankan lainnya adalah minum sesuatu yang hangat saat berenang. Area kolam yang perlu dihindari adalah di sekitar sirkulasi air. Area tersebut bisa menimbulkan pusaran air yang bisa menarik ke dalam. Sudah banyak kasus korban jiwa karena sirkulasi air ini.

yang harus dihindari saat berenang termasuk lubang pembuangan air kolam - diminimalis.com
yang harus dihindari saat berenang termasuk lubang pembuangan air kolam – diminimalis.com

6. Berenang di sekitar batas kolam
Mengetahui kondisi kolam memang bisa menjadi langkah pencegahan untuk menghindari kecelakaan di kolam renang. Seperti yang diketahui bahwa setiap tempat memiliki desain kolam renang yang berbeda-beda. Ada yang membuat kolam dengan dua kedalaman yang berbeda pada satu kolam. Kolam dengan desain seperti ini bisa saja membuat Anda terbentur batas kolam. Maka dari itu salah satu hal penting yang harus dihindari saat berenang adalah berenang di dekat batas. Lebih aman untuk Anda berenang lebih ke tengah agar aman terbentur batas kolam. Hindari pula untuk berenang di sekitar lantai kolam yang keramiknya pecah.

Dengan memperhatikan faktor keselamatan, maka kegiatan berenang Anda dan keluarga akan tetap menyenangkan. Terlebih jika Anda merencanakan membuat kolam renang sendiri, bisa Anda kunjungi artikel tentang tahapan membuat kolam renang ini. Demikian beberapa hal yang penting untuk diperhatikan jika Anda akan berenang. Mencegah kecelakaan dengan mengetahui hal-hal yang harus dihindari saat berenang. Antisipasi tersebut sebaiknya Anda ketahui karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.